05 May 2010

Workshop "Penggunaan Cat Model untuk Analisa Portfolio dan Penetapan Harga Asuransi"

Tanggal 4 Mei 2010, abiz ngikutin workshop "Penggunaan Cat Model untuk Analisa Portfolio dan Penetapan Harga Asuransi" di Hotel Grand Sahid Jaya, berikut hasil yang mungkin bisa dishare :

Workshop diadakan oleh PT MAIPARK bekerjasama dengan Catalytcs Pte Ltd (Singapore)dan AAUI. Hadir dalam kesempatan tersebut Bp. Isa R. selaku keynote speaker. Dalam sambutannya Bp. Isa R. mengharapkan, hasil workshop tersebut dapat menjadi salah satu referensi Perusahaan Asuransi untuk menganalisa portfolio usahanya dan penetapan tingkat premi yang wajar dan ILMIAH. Hal ini ditekankan, karena selama ini masih banyak Perusahaan Asuransi dalam menghitung tingkat premi yang dijual tidak menggunakan pendekatan ilmiah.

Dengan menggunakan pendekatan ilmiah, maka akan digunakanlah suatu model, yang memerlukan data / asumsi yang dijustifikasi, dimana rumusan yang dibuat akan dapat diikuti / dirunut kembali.

Sehingga dampaknya bagi Perusahaan Asuransi akan mendapatkan tingkat premi yang pas sesuai dengan karakteristik risiko, harga menjadi tidak kemahalan atau terlalu murah, sedangkan untuk masyarakat mereka akan semakin terproteksi karena kekhawatiran Perusahaan Asuransi menjadi insolvent dapat dieliminir / berkurang.


Sedang sebagai pembicara utama, hadir pada kesempatan tersebut Mr. Adi Hazan dari Catalytcs Pte Ltd (Singapore). Dijelaskan bahwa Risiko Catastropik (Cat Risk) dipengaruhi oleh natural hazard dan nilai property yang diasuransikan.

Baik natural hazard dalam hal ini jumlah aktifitas EQ dalam zone yang diasuransi maupun nilai property yang diasuransikan, keduanya selalu berubah / berkembang, sehingga Cat Risk menjadi double increase (aggregate growth).

Multiply dari narutal hazard dengan property insured menghasilkan nilai Cat Risk.
Sehingga dengan nilai NH 1.000 dan property 1.000.000, maka Cat Risk adalah 1 trilyun, apabila diasumsikan masing-masing naik 20%, maka nilai NH 1.200 dan property 1.200.000, dengan nilai Cat Risk 1,44 trilyun (naik 44% bukan 40%).

Nah, kelihatan bahwa kenaikan 20% atas nilai NH dan property insured tidak serta merta menaikkan nilai Cat Risk menjadi 20% tapi lebih dari sekedar penjumlahan kedua facktor tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai Cat Risk akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan nilai NH dan property Insured.

Demikian smoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

silakan isi komentar atau pertanyaan