30 March 2010

Soal aamai (a2) 401 maret 2010

Wah akhirnya .... bisa aktif lagi setelah sekian lama...

Berikut saya cuplikkan soal aamai a2 401 maret 2010


401 : PRINSIP-PRINSIP & PRAKTEK MANAJEMEN DALAM ASURANSI


BAGIAN I

1. Uraikan 3 (tiga) fungsi yang sekurang-kurangnya terdapat dalam susunan organisasi perusahaan perasuransian sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 73 Tahun 1992 Pasal 3 ayat 1.b.
2. Uraikan 3 (tiga) faktor yang membentuk budaya perusahaan.
3. Sebutkan 6 (enam) unsur utama dari marketing mix.
4. Uraikan pengertian benchmarking.
5. Uraikan pengertian Customer Relationship Management.
6. Uraikan 3 (tiga) kelebihan manajemen sumber daya manusia jika dibandingkan dengan manajemen personalia.
7. Sebutkan 6 (enam) tujuan sistem performance appraisal.
8. Uraikan 3 (tiga) jenis laporan keuangan.



BAGIAN II


9. Salah satu tantangan yang dihadapi para manajer dalam menjalankan perannya adalah mengatasi konflik internal. Jelaskan 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan para manajer dalam rangka mengelola konflik internal.


10. Dalam kaitan dengan pendelegasian wewenang, uraikan :
a. 5 (lima) tahapan pendelegasian
b. 3 (tiga) keuntungan pendelegasian
c. 4 (empat) hambatan pendelegasian yang efektif


11. Dari laporan Operasional dan Keuangan per 31 Desember 2008 PT. Asuransi ABC, diperoleh data :
 Pendapatan premi bruto Rp. 38.550.000.000,-
 Premi reasuransi dibayar Rp. 13.750.000.000,-
 Kekayaan yang diperkenankan Rp. 29.500.000.000,-
 Jumlah kewajiban tidak termasuk pinjaman Subordinasi Rp. 20.750.000.000,-
 Komisi dibayar Rp. 11.250.000.000,-
 Komisi reasuransi diterima Rp. 3.800.000.000,-
 Klaim bruto dibayar Rp. 14.300.000.000,-
 Klaim reasuransi diterima Rp. 10.200.000.000,-
 Premi yang belum menjadi pendapatan per 31 Desember 2007 Rp. 6.900.000.000,-
 Premi yang belum menjadi pendapatan per 31 Desember 2008 Rp. 7.300.000.000,-
 Estimasi klaim risiko sendiri per 31 Desember 2007 Rp. 4.100.000.000,-
 Estimasi klaim risiko sendiri per 31 Desember 2008 Rp. 3.600.000.000,-
 Risiko kegagalan yang mungkin timbul akibat :
- Kegagalan pengelolaan kekayaan Rp. 1.100.000.000,-
- Kekayaan & kewajiban yang tidak seimbang setiap mata uang Rp. 550.000.000,-
- Perbedaan beban klaim yang terjadi dengan yang diperkirakan Rp. 5.200.000.000,-
- Kewajiban reasuradur untuk membayar klaim Rp. 750.000.000,-
 Beban underwriting lainnya (Rp. 325.000.000,-)

Dari data diatas buatlah perhitungan :
a. Surplus Underwriting per 31 Desember 2008.
b. Rasio batas tingkat solvabilitas (RBC) per 31 Desember 2008 berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

12. Dalam kaitan dengan proses penerimaan calon karyawan :
a. Uraikan 4 (empat) sarana perekrutan yang dapat digunakan.
b. Sebutkan 6 (enam) spesifikasi calon karyawan yang harus diperhatikan pada saat wawancara.
c. Sebutkan 5 (lima) unsur penting yang harus diperhatikan dalam keputusan seleksi.


13. Dalam kaitan dengan manajemen strategik, uraikan :
a. Pengertian manajemen strategic.
b. 6 (enam) jenis pendekatan yang dapat diambil dalam merumuskan suatu strategi.


14. Sebagai pimpinan perusahaan PT. Asuransi XYZ, anda diminta memberikan ceramah tentang “metode pengambilan keputusan yang efektif” pada acara rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh Kepala Divisi dan Kepala Cabang. Dalam kaitan dengan hal tersebut, jelaskan :
a. 5 (lima) pokok kerangka kerja dalam proses pengambilan keputusan
b. 4 (empat) teknik pengambilan keputusan.

1 comment:

silakan isi komentar atau pertanyaan